Senin, 17 Desember 2012

Masjid Yang Mempunyai Kubah Terbesar Di Dunia

Masjid Al-Azham adalah masjid yang terletak di kota Tanggerang Jawa Barat, Indonesia. Masjid ini dibangun dengan dana APBD Kota Tanggerang dan dibangun pada tanggal 07 Juli 1997 dan selesai pada tanggal 23 April 2003.

Masjid Al-Azham ini berdiri diatas tanah seluas 2,25 ha dengan luas bangunan 5.775 m2. Masjid ini merupakan masjid dengan kubah terbesar di dunia dengan luas permukaan kubah masjid 4.250 m2 dan dengan panjang diameter 63,26 m2. Kubah masjid ini terdiri atas 5 kubah yang menjadi satu, yaitu 4 kubah penyangga dan 1 kubah utama.


Rancangan bangunan Masjid ini memiliki esensi dan referensi dari al-Qur'an dan Sunah Rasul serta seni Islam (arabesque), mencerminkan hakikat Tauhidah, serta kaitan dunia dan akhirat yang ditandai dengan unsur-unsur garis lurus dan lengkung. Perpaduan antara suasana tradisional pada ruang keliling dan (interior) yang ditandai banyak tiang dengan suasana modern dengan ruang tengahnya yang luas, bebas tiang dengan konstruksi teknologi tinggi pada kubahnya.

Masjid ini memiliki bentuk yang universal dengan kesan representatif dan megah, dengan gaya arsitektur Timur Tengah akan menjadi ciri baru bagi kawasan pusat-pusat Kota Baru Tangerang dan memperindah arsitektur kota. Suasana keserasian dengan alam tropis yang dicirikan dengan atap miring pada oversteknya, sehingga kesejukan udara nuansa alam tropis akan terasa.

Masjid Raya Kota Tangerang merupakan yang pertama menerapkan konsep atap berbentuk susun (konfigurasi) lima kubah bertumpuk dan kompak untuk bangunan masjid. Namun disamping itu terkandung makna-makna filosofi dari rancangan masjid itu. Diantaranya 5 kubah mencerminkan kewajiban sholat 5 waktu, 4 tiang menara mencerminkan 4 tiang ilmu, yaitu ilmu bahasa Arab, Syariah, Sejarah dan filsafat. Sedangkan tiga bagian tinggi menara mencerminkan Iman, Islam dan Ikhsan. 30 meter tinggi badan menara mencerminkan jumlah 30 juz al-Qur'an dan 6 meter tinggi kuncup menara mencerminkan 6 rukun iman.

Fasilitas yang ada pada masjid tersebut terdiri dari ruang wudhu pria/wanita, ruang mihrab dan persiapan, ruang sholat pria/wanita, ruang pengkajian, ruang perpustakaan, ruang kantor dan peralatan/halaman masjid.




3 komentar:

  1. saya baru tau kalo salah satu kubah terbesar di dunia itu ada ditangerang semenjak saya mengangkat video profil masjid al azhom sebagai tugas akhir saya..

    BalasHapus
  2. boleh tahu knp masjid ini bisa dikatakan dgn masjid yg berkubah terbesar didunia? bisa jadi kan ada masjid yg mempunyai kubah yg lbh besar dri ini?

    BalasHapus