Jumat, 01 Mei 2015

Masjid Masjid Tercantik & Terindah

1. Masjid Badshahi, Pakistan

Disebut masjid Badshahi atau masjid Raja, masjid ini terletak tepatnya di Lahore, Pakistan. Masjid indah dengan sentuhan India kuno ini mampu menampung sekitar 5.000 orang di bagian dalam. Dan lebih dari 95.000 orang di pelataran. Di tahun 1993, pemerintah Pakistan merekomendasikan masjid Badshahi sebagai salah satu peninggalan bersejarah dunia.





















2. Masjid Muhammad Ali, Kairo, Mesir

Masjid indah ini dibangun  tahun 1830-1848 oleh raja Muhammad Ali Pasha. Desain bangunan dibuat oleh Yusuf Bushnak, dari Istambul yang terinspirasi dari masjid Yeni. Tinggi masing-masing tiangnya mencapai 11 meter lebih dengan gaya Mesir yang khas di beberapa sentuhan.
























3. Masjid Terapung, Jeddah

Masjid Terapung ini merupakan  salah satu masjid yang paling sering dikunjungi karena keindahannya. Lokasinya berada di pantai laut Merah. Masjid ini merupakan tempat sakral yang kerap menjadi salah satu destinasi turis. Desain warnanya didominasi warna putih nan elegan dan bersinar saat diterpa sinar. Masjid ini tak hanya menarik turis beragama Muslim saja, mereka yang beragama lain juga dipersilahkan dan diterima dengan ramah di sini.



















4. Masjid Schwetzinger, Jerman

Masjid Schwetzinger terletak di dalam lokasi kastil Schwetzinger di Jerman. Kastil ini merupakan kastil yang dikunjungi saat musim panas saja. Letak masjidnya di tengah taman dikelilingi rumput luas dan sebuah kolam besar. 


















5. Masjid Kristal, Malaysia

Masjid Kristal ini terletak di daerah Terengganu, Malaysia, tepatnya di sebuah taman pulau Wan Man. Masjid ini dibangun sekitar tahun 2006-2006 dan diresmikan pada 8 Februari 2008 oleh Yang Dipertuan Agong ke-13 Sultan Mizan Zainal Abidin. Karakteristik masjid ini bercorakkan budaya China, kapasitasnya mencapai 700 orang dengan 4 menara besar di setiap sudut bangunan.


















6. Masjid Shah Faisal, Islamabad, Pakistan

Masjid Faisal atau sering disebut dengan nama  masjid Shah Faisal ini terletak di ibukota Pakistan, Islamabad. Namanya diambil dari Raja Faisal bin Abdul-Aziz dari Saudi Arabia, yang turut membiayai proyek masjid tersebut. Desainnya dibuat oleh Vedat Dalokay, seorang arsitek Turki terkenal pada jaman itu. Luasnya sekitar 5.000 meter persegi dan dapat menampung sekitar 10.000 orang di dalamnya. Namun, secara keseluruhan masjid ini dapat menampung sekitar 74.000 orang.

















7.  Masjid Umayyad, Damaskus, Syria

Damaskusmerupakan salah satu daerah tertua di dunia. Sehingga, tak heran apabila masjid Umayyad dianggap sebagai salah satu masjid terbesar, tertua, serta tersuci. Masjid ini kabarnya merupakan salah satu peninggalan dari perang Salib, yang melewati restorasi dan era kepemimpinan. Masjid ini merupakan perpaduan dari budaya yang dibawa umat Muslim dan Kristen, yang kental terlihat dari bentuk dan arsitektur bangunan.

















8. Masjid Putra, Masjid di atas air, Malaysia

Masjid bernama Putra ini dibangun di atas danau Putrajaya, dengan desain modern yang kokoh dan sentuhan warna pink di dinding dan kubahnya. Sentuhan desainnya merupakan perpaduan antara budaya Malaysia, Persia dan Arab. Bangunan masjid ini sebenarnya sangat sederhana. Ruangan utamanya berdiameter hanya seluas 36 meter persegi. Bangunan dalam masjid, mampu menampung sekitar 10.000 orang, dengan tambahan 5.000 orang di bagian pelataran masjid. Keindahan bangunan ini adalah terutama berdiri di atas air. Dari kejauhan, tampak seperti mengambang dengan dikelilingi pemandangan danau yang indah. 




0 komentar:

Posting Komentar