Rabu, 10 September 2014

Keanggunan Masjid Bir Ali Di Madinah

Bir Ali adalah nama salah satu masjid yang ada di Kota Madinah. Letaknya tak jauh dari Kota Madinah. Jika menggunakan kendaraan, hanya memakan waktu sekitar 15-20 menit. Masjid ini selalu penuh sesak diisi oleh ratusan bahkan ribuan jamaah umrah atau haji dari berbagai belahan dunia. Tujuannya hanya satu, yaitu mengambil miqat untuk memulai umrah, seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Miqat adalah tempat memakai ihram dan juga tempat berniat umrah. Saat miqat, pria harus sudah memakai pakaian khusus untuk umrah dan haji yang bernama ihram.

Berbagai ketentuan pun diberlakukan saat umat Muslim telah mengambil miqat. Untuk pria sudah tidak boleh memakai alas kaki yang menutup mata kaki, tidak memakai pakaian yang dijahit dan tanpa penutup kepala. Wanita sudah harus menutup aurat dan hanya boleh menampakkan telapak tangan dan wajah. Bahkan tidak diperbolehkan mengenakan cadar.

Meski tujuan awal datang ke Masjid Bir Ali adalah untuk mengambil miqat, kenyataan yang didapat lebih dari itu. Para jamaah umrah atau haji justru bisa melihat langsung kondisi sebuah masjid yang paling bersih, cantik dan anggun di Madinah, selain Masjid Nabawi tentunya.

Masjid Bir Ali tampak sangat bersih. Hampir dipastikan pada setiap langkah, Anda tidak akan menemukan sampah yang berserakan. Begitu pula dengan kamar mandinya.Kamar mandi di Masjid Bir Ali memang selalu ramai dan dipenuhi. Kebanyakan umat Muslim yang datang mengambil kesempatan untuk mandi, agar bersih saat berihram.

Meski selalu dipadati, kamar mandi di Masjid Bir Ali tidak kotor apalagi berbau tak sedap. Aroma wangi tersebar begitu semerbak di dalam kamar mandi.Masuk ke ruang salat, udara sejuk langsung menghantam seluruh tubuh Anda. Empuknya karpet Bir Ali dijamin menambah kekhusyukan ibadah salat atau pun mengaji Anda.

Keluar masjid, aneka pepohonan rindang menghiasi halaman masjid. Udara Kota Madinah yang semula terasa begitu membakar kulit, tiba-tiba berubah menjadi sejuk saat Anda berteduh di bawah pohon rindangnya.Inilah Masjid Bir Ali. Masjid penuh keanggunan di Kota Madinah.













































0 komentar:

Posting Komentar