Rabu, 28 November 2012

Menara Masjid Tertinggi Di Dunia

Masjid Hasan II di Casablanca, Maroko, tercatat sebagai masjid dengan menara tertinggi di dunia. Menaranya seakan mencakar langit dengan ketinggian mencapai 210 meter. Dirancang oleh arsitektur asal Prancis, Michel Pinseau, masjid ini dibangun oleh Bouyges pada 1980. Setiap malam, di puncak menara, terdapat sinar laser yang mengarah ke Makkah.


Masjid ini disebut-sebut sebagai yang terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Kota Mekkah. Masjid ini memiliki minaret yang paling tinggi di dunia dengan ketinggian 210 meter (689 kaki) dan memiliki kapasitas 25.000 orang.Masjid ini Dibangun untuk memperingati ulang tahun mendiang Raja Maroko Hassan II. Masjid Hassan II dibangun menjorok ke samudra Atlantik sehingga membuatnya terlihat seakan akan berada di tengah laut layaknya sebuah masjid yang benar-benar terapung.

Masjid Hassan II tampak dari atas. Lokasinya yang berada di pinggir laut memberi kesan indah dan mengagumkan.Bangunannya megah dan luas yang menghadap ke perairan Atlantik. Masjid ini berdiri di sebuah semenanjung hasil reklamasi. Pembangunan Masjid Hasan II Maroko terinspirasi oleh ayat Alquran surah Hud [11] ayat 7, “Singgasana-Nya (sebelum itu) di atas air.” Boleh dikata, ini merupakan tempat ibadah umat Islam terbesar kedua setelah Masjidil Haram di Makkah. Itu cukup beralasan. Maklum, selain memiliki menara yang paling tinggi di dunia saat ini, Masjid Hasan II memiliki kapasitas yang amat besar yang bisa menampung lebih dari 30 ribu jamaah. Jumlah ini meliputi sekitar 25 ribu jamaah di dalam masjid, selebihnya di luar masjid.

Interior dan lantai Masjid Hassan II yang artistikSebagian lantainya menggunakan kaca sehingga setiap orang yang beribadah di masjid itu seakan-akan bisa bersujud di atas laut. Tidak hanya itu, Masjid Hasan II juga dilengkapi dengan sentuhan modern, seperti kubah yang bisa bergerak, pemanas lantai, antigempa bumi, dan pintu elektrik.
Interiornya secara khusus dirancang dan dibangun atas permintaan Raja Hasan II. Pada sebuah kesempatan, Raja Hasan II pernah berkata, “Aku ingin membangun masjid ini di atas air sebab singgasana Tuhan berada di atas air sehingga orang yang beriman akan mendatanginya untuk shalat dan memuji Sang Pencipta sembari merenungkan langit dan lautan yang diciptakan-Nya.”
















0 komentar:

Poskan Komentar