Jumat, 11 Januari 2013

Kemegahan Masjid Kocatepe , Turki

Masjid Kocatepe, seperti yang terlihat melalui asap umum di sore Ankara, Turki. Masjid ini mulai di bangun pada tahun 1967 dan selesai pada tahun 1987, dan merupakan masjid terbesar di Turki, jika tidak cukup terbesar di dunia. Anda dapat melihat dari hampir di mana-mana di Ankara!

Masjid Kocatepe. Inilah masjid paling besar dan megah yang ada di Turki. Bagi para turis Muslim, salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat traveling ke suatu tempat, adalah singgah di masjid terbesar dan termegahnya. Di Turki, ada sebuah masjid yang besar, megah dan indah yang selalu ramai dikunjungi pelancong, Masjid Kocatepe namanya, seperti yang ditulisa situs Ankara.


Dibangung pada mulai tahun 1967-1987, Masjid Kocatepe menjelma menjadi landmark Turki yang paling terkenal. Masuk ke dalam masjid, Anda langsung dihadapkan ke ruang salat yang begitu luas dan besar. Ada banyak ukir-ukiran cantik dan indah di dindingnya. Hawa sejuk dari angin yang bebas masuk dari pintu besar masjid, langsung menghantam tubuh Anda. Tak ketinggalan sebuah lampu kristal mewah menghiasi langit-langit masjid.

Menengok ke kaca jendela masjid, kaligrafi berlafazkan kalimat-kalimat Al Quran terukir indah di sana. Semakin terlihat sempurna dengan adanya kombinasi aneka warna jendela, seperti merah, biru, kuning, hijau dan kuning. Uniknya, masjid terbesar di Turki ini memiliki mimbar imam yang tak biasa, yaitu di atas sebuah tangga. Saat ingin berkhotbah, imam diharuskan menaiki tangga marmer untuk mencapai mimbar. Jadi, seluruh jamaah bisa melihat imam saat berkhotbah.

Masjid Kocatepe memang pantas disebut sebagai masjid paling megah dan besar di Turki. Betapa tidak, dengan panjang 67 meter dan lebar 64 meter, masjid ini mampu menampung 24.000 orang jamaah di dalamnya.Masjid ini semakin menarik untuk dikunjungi turis karena di bagian basement terdapat pusat perbelanjaan yang cukup besar. Anda bisa membeli aneka barang menarik di pusat perbelanjaan bawah masjid ini.




0 komentar:

Posting Komentar